Hari Bersejarah 1 Januari


Mungkin Kita sering lupa akan Sejarah karena di jaman yang serba Modern ini sibuk bermain gadget dan Sosial Media saja padahal banyak peristiwa yang terjadi sebelumnya yang patut untuk dikenang sebagai pelajaran di masa depan. Berikut sedikit peristiwa yang terjadi pada tanggal 1 Januari :

1912 - Taiwan dideklarasikan sebagai sebuah negara.

1915 - Perusahaan farmasi terkenal dari Jerman, Bayer, membuat aspirin dalam bentuk tablet, setelah sebelumnya dunia kedokteran menggunakannya dalam format puyer. Felix Hoffman, ahli kimia Jerman, yang bekerja di Bayer, menemukan formula untuk obat tersebut yang kemudian diberi nama Aspirin, obat penghilang rasa sakit terpopuler di dunia.

1947 - Perang lima hari lima malam antara tentara Indonesia melawan Belanda di Kota Palembang.

1957 - Terbentuknya Provinsi Kalimantan Timur.

1959 - Revolusi Kuba: Diktator Fulgencio Batista yang didukung oleh Amerika Serikat. melarikan diri ke Republik Dominika, setelah pasukannya mengalami kekalahan dalam Pertempuran Santa Clara dari pasukan gabungan gerilyawan komunis Kuba pimpinan Che Guevara dan pasukan Directorio Revolucionario Estudantil (DRE).

1983 - Bandar Udara Kemayoran mulai berhenti beroperasi.

1984 - Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta dibuka secara resmi.

1999 - Matauang Euro mulai digunakan sebagai electronic currency.

2007 - Adam Air Penerbangan 574 jatuh di Selat Makassar pada kedalaman lebih dari 2.000 meter; 96 penumpang dan 6 awak pesawat tewas.

No comments

Powered by Blogger.